Cara Install CM10 (Jelly Beans) di Xperia Tipo / Miro / J (LINK FIXED)

|


Sony Xperia Tipo ST21i adalah salah satu produk xperia paling laris di dunia, dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang lumayan. Di atasnya ada Xperia Miro ST23i dan di atasnya lagi ada Xperia J ST26i. Sayangnya, Sony hanya menanamkan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwitch tanpa ada update ke Android 4.1.1, 4.1.2 atau 4.2.2 Jelly Beans di Xperia Tipo dan Miro.

CyanogenMod 10 atau yang biasa disingkat CM10 adalah solusi buat anda yang ingin menikmati Jelly Beans di Xperia Tipo/Miro. Bagi user Xperia J, tidak ada salahnya mencoba JB dari CM10 disamping stock JB official. CM10 dibangun dengan system Android 4.1.2 Jelly Beans dengan semua fiturnya ditambah dengan beberapa fitur menarik dari CM.

Sebenarnya CM developer tidak mengeluarkan CM untuk Xperia Tipo/Miro/J, tetapi Free Xperia Project (FXP) developer team berhasil membuat CM yang bisa di-install di beberapa Xperia devices termasuk Xperia Tipo/Miro dan J.

Kali ini ane mau share cara install CM10 di Xperia Tipo/Miro dan J

Syarat :


Alat Tempur :

Pertempuran dimulai
  • Install Flashtool
  • Masuk ke folder "C:\Flashtool\drivers" lalu install Flashtool-drivers. Pada pilihan instalasi, centang Flashmode drivers dan Fastboot drivers (2 paling bawah)
  • Buka file FXP246***.zip dengan WinRAR atau 7zip lalu ekstrak boot.img
  • Copy file FXP246***.zip ke SDcard
  • Buka Flashtool
  • Matikan HH, tekan dan tahan volume atas (+) sambil menyambungkan USB sampai nyala led biru. Tunggu sampai muncul tulisan "device connected in Fastboot mode" di Flashtool
  • Kembali ke Flashtool. Klik gambar petir lalu pilih Fastboot mode
  • Klik Reboot into fastboot (via fastboot). dan tunggu sampai led biru menyala kembali
  • Klik Select kernel to flash. lalu pilih boot.img yang di-ekstrak dari FXP246***.zip
  • Klik Reboot into system
  • Kembali ke HH. Saat menyala led pink, tekan volume bawah (-) berulang-ulang untuk masuk ke Clockworkmod Recovery (CWM)
    • di CWM, gunakan tombol volume untuk navigasi atas bawah, dan tombol power untuk memilih
  • Pilih mount and storage > format /system > Yes, format system > Go Back
  • Pilih wipe data/factory reset > Yes, wipe data/factory reset
  • Pilih advanced > wipe dalvik cache > Yes, wipe dalvik cache > Go Back
  • Pilih install zip from sdcard > choose zip (memory internal) / choose zip from external (memory external) > FXP230***.zip > Yes
  • Pilih choose zip (memory internal) / choose zip from external (memory external) > JB_gapps.zip > Yes > Go Back
  • Pilih reboot system
  • Selesai dan Selamat menikmati CyanogenMod 10


126 komentar :

  1. maaf ya gan, kenapa FXP 230 CM10 unofficial untuk xperia tipo tidak bisa didownload? mohon bantuannya

    BalasHapus
  2. gan pake yang 10.1 gak apa2 kan?soalnya yang versi 10 g bisa di download. tolong di balas secepatnya

    BalasHapus
  3. gan , apa maksud roms-roms yang bernama hayabusa,odin dll... mhon pencerahan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu nama lain dari seri xperia
      kalo xperia tipo nama lainnya tapioca
      xperia miro = mesona
      xperia j = jlo

      Hapus
  4. itu sepertinya pemasoknya.gua udah coba yang cm10.1 uang bukan tapioca.malah jadi bootloop

    BalasHapus
  5. ga ditek jaringan selluler. gmn nie??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum install, flash stock rom dulu
      untuk xperia j harus ICS, jangan JB

      Hapus
    2. Cara flash stock rom gimana gan ?

      Hapus
  6. jaringan seluler ama buat panggilan gak bisa

    BalasHapus
  7. gua yang komen diatas no 2.ane udah nemuin caranya gak bisa internet di cm10 tipo

    kunjungi
    http://java-cyber.blogspot.com/2012/06/cara-setting-internet-di-hp-android.html

    BalasHapus
  8. Cara mengembalikan seperti semula gimna ya?

    BalasHapus
  9. cm10 ini harus flash kernel dulu yang ekstensinya( ftf ) atau langsung diinstal ?

    BalasHapus
  10. ane masih bimbang... Kalo gagal resikonya gimana gan?
    punya ane xperia miro.
    kalo ada kasih link video tutorialnya dong gan.

    BalasHapus
  11. untuk booting FXP230-cm-10-20130729-UNOFFICIAL-mesona.zip ,
    kok harus pake cd ?

    BalasHapus
  12. untuk booting FXP230-cm-10-20130729-UNOFFICIAL-mesona.zip ,
    kok harus pake cd ?

    BalasHapus
  13. THX gan membantu sekali, selama brosing" emg cara agan ini yang paling mudah di mengerti

    BalasHapus
  14. cara downgarde nya gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. flash stock ROM pake flashtool gan
      jadi seperti semula

      Hapus
  15. kalo ada screnshotnya pasti tambah ajib gan

    BalasHapus
  16. gan kok muncul "Sayangnya, proses com.android.phone telah berhenti.
    mohon pencerahanya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk ke settings > app
      cari Phone trus di clear data gan
      kalo belum berhasil, masuk ke cwm trus clear cache n dalvik cache

      Hapus
  17. Sebelumnya thanks gan. Ane udah berhasil custom ke jelly bean.
    Ane mau tanya, settingan kamera memang gak ada penyimpanan ke eksternal ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu ane semua device xperia nyimpen hasil foto d internal gan
      kalo pengen internalnya lega, di swap aja ama external

      Hapus
    2. Sebelum di custom rom ke Jelly sih bisa nyimpen ke eksternal. Nah ane bingung apa memang di jelly gak bisa nyimpen ke eksternal.

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Keren banget gan, ane udah nyoba 100% work!

    BalasHapus
  20. fast respon langsung chat lewat fb
    fb ane di sebelah kanan tuh
    thanks hehehehe

    BalasHapus
  21. gan, punya ane gak bisa nyimpen kontak dan ga ada call hystory.:(((
    bantu ane gan...

    BalasHapus
  22. gan untuk cwm nya emang udh ada atau harus install dulu....
    mohon pencerahannya gan..

    BalasHapus
  23. gan..udah bgus tp saat cas led na g nyala sama g bsa pake ringtone lagu..

    BalasHapus
  24. gan tipo saya waktu sudah selesai kok cuma bergetar aja? mohon solusinya

    BalasHapus
  25. driver not found katanya om..gmn solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat lagi tutorial dari pertama
      driver gak jalan di windows 8

      Hapus
  26. gan, cara biar "led pink"nya nyala kaya gimana?

    BalasHapus
  27. gan cara nyalain hp lagi gimana gan?

    BalasHapus
  28. kalo udah flash kernel, nyalain HP, ntar pasti nyala led ping

    BalasHapus
  29. gan kalo cwmnya pake yang di instal bisa nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingat, harus unlock bootloader untuk install FXP kernel
      CWM sudah tertanam di FXP kernel

      CWM yg diinstall berarti masih pake stock kernel, no way

      Hapus
  30. kok waktu udah reboot system di cwm keluar tulisan "freeXperia" udah gitu hh mati lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dibaca dengan teliti tutorialnya, mungkin ada yg terlewat

      Hapus
  31. Tutorial mantap... hh xperia ane berhasil dengan tutorial ini...
    keren baget gan...
    tinggal tungguin CM10.1 untk xperia lagi..xixixiixxixix...
    sukses selalu gan..

    BalasHapus
  32. Gan kok muncul "Unfortunately, Android keyboard (AOSP) has stopped". Need Help gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk system> app> all, cari keyboard trus clear data

      Hapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. gan untuk ekstrak boot.img gmn?
    karena tempat ane yang muncul dengan ico daemon tools

    BalasHapus
  35. smua sudah slesai seperti tutor tpi waktu di rebot gk bisa masuk botloop hiks hiks

    BalasHapus
  36. gimana nih hp ane malah hidup teruus layare cman freeXperia berwarna tolong gimana gan

    BalasHapus
  37. G bisa di matiin hidup terus kecuali battry di lepas..g mana solusinya gan...????

    BalasHapus
  38. gan google gappsnyja dicopy ke sdcard juga t

    BalasHapus
  39. gan, pas ane download nya error 504, gmna yaa?

    BalasHapus
  40. buat rekam video kok gak bisa lama,ada solusinya ndak?

    BalasHapus
  41. radionya kok gak ada

    BalasHapus
  42. ga ada cara yg lebih gampang lagi gan. tapioca ane ga bisa instal cwm recovery..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cwm udah bawaan kernel gan, kalo agan udah unlock bootloader tinggal flash kernel

      Hapus
  43. gan kok hp ane klo didiemin mati terus ya?
    kalo di cas juga suka mati sendiri?
    solving problemnya gmna y a gan..??

    BalasHapus
  44. gan ko ane g pnya xperia? Help gan

    BalasHapus
  45. gan, ane pake xperia miro, tutornya udah ane coba berhasil..
    tapi kenapa ya gan HH nya jadi sering mati sendiri tiba2,bukan restart.
    mohon bantuannya gan.
    thanks

    BalasHapus
  46. komen yang palingbikin ane ngakak
    ''ga punya xperia helep gan''

    hahahha

    nemuin CWM nya dmna yah ...

    BalasHapus
  47. klo kembali ke ICS dengan flash stock rom hrus donlot firmware ICS dlu yah gan......????

    BalasHapus
  48. gan kalo download lewat idm rom tipo cm 10 emg gabisa kebuka ya gan?

    BalasHapus
  49. gan ane udh bisa instal rom tiponya, tp kok ga ada sellulernya ya gan? solusinya dong

    BalasHapus
  50. gan gimana gk ada selulerx
    hp saya tipo dual gan
    sdh pake tapioka ds
    klo ada linkx yg gk korup share ya gan
    mohon bantuanx gan

    BalasHapus
  51. gan, uda succes cm 10 nya, tapi playstorenya gak bisa masuk, bisa di instal, tp pas masuk, kluar lagi,...
    mohon pencerahan gan...

    BalasHapus
  52. ini nunggu led pink nya emng lama ya gan???

    BalasHapus
  53. matur thank u gan... berhasil xperia J ane, mantep nih rom yg terbaru 249

    BalasHapus
  54. gan ko hh ane cuma muncul tampilan sony doang? gmna tuh kalo kaya gitu?

    BalasHapus
  55. lampunya balik ijo lagi gan -_- kurang jelas tuh yg ngeklik "Klik Reboot into system" ga ada soalnya di fastboot toolbox pencerahannya gan...

    BalasHapus
  56. gan..file boot.img memang corupt,,,,,,,?

    BalasHapus
  57. jrot salah flasing om ane pake yg anzu(tepok muka pake lepi)
    smentara matot miro ane

    BalasHapus
  58. ty bro ane berhasil,, ga ada kendala apapun skali lagi ty skarang ane make cyanogenmod 10 :D

    BalasHapus
  59. Gan untk tipo dual bisa gk
    Klo ada linknya share donk gan

    BalasHapus
  60. gan,minta pencerahannya dong,
    kamera tipo dula ane barusan diroot n ganti room, cuma kameranya g bisa dipake, ada keterangannya "sayangnya, kamera telah berhenti"
    gmana cara ngatasinyya?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipo dualnya da sinyalny ga gan ko sy gada ya?

      Hapus
    2. sama gan sinyal hp saya n kameranya ga bisa hanya keluar . "sayangnya, kamera telah berhenti"

      Hapus
  61. gan tipo dualny ada sinyalnya ga?

    BalasHapus
  62. CM 11 buat miro udh ada blm gan??

    BalasHapus
  63. Kok jadi nge lag ya gan hpnya

    BalasHapus
  64. gan boot.img gak kebaca gan?

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. gan sya mau nanya klo hp sya sony xperia J awal versnya androidnya 4.0.1 ics ,dan uda upgrade ke jellybean 4.1.2 melalui pc companion sony xperia nya.
    pertanyaannya, apa bisa di upgrade lagi pke cwm10...mnjdi 4.2.2
    trus ada kalimat agan matikan/kembali ke(HH) mksudnya apa..???
    sebelunya terima kasih.

    BalasHapus
  67. misi gan.gw ud ikutin smua instruksinya, tp pas yg d bagian led pink itu lednya ttp wrna ijo alias ga ngepink.knp tuh gan,,ap hhnya d aktifin atau usbnya d cabut dulu gtu.mohn solusinya gan.tq

    BalasHapus
  68. kl d batalin bsa ga, trs kl g d trusin lg ngaruh g nnti performa hp ane ,,

    BalasHapus
  69. thks gan atas bimbingannya.. hp ane udah CM10 (y) jos gandhoooozztt

    BalasHapus
  70. mantao gannn work smua tutornya ..... nice inpoo

    BalasHapus
  71. oh ya ini kamera ane jadi ga bisa ...
    sama ini perlu di root lg ga sih ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ane camera masih bisa tapi buat foto doank, buat video recording ngga bisa.

      Hapus
  72. Halah meleset GAN punya ane tp udh seep,, di step cwm ane lupa copy ke SD kkwkwkw, tp sukses cuuy,, THX gan

    BalasHapus
  73. FXP 246 nya ga bisa di download gan..?
    tolong fix link nya...

    BalasHapus
  74. FXP 246 CM10 unofficial nya ngak bsa d download gan

    BalasHapus
  75. Gan help tutorial downgread xperia j jellybeen ke ics

    BalasHapus
  76. msh work ga nih gan? ane baru downgrade ke ICS 4.0.4 dr 4.1.2 xp. J

    BalasHapus
  77. terima kasih atas tutorial yang cukup jelas,,,saya baru aja berjaya flash rom jb 4,1,2

    BalasHapus
  78. Ini video recording nya ga bisa ya?

    BalasHapus
  79. Nyimak koment...

    Dari sekian bnyak yg koment ttng permasalahan cm10. Aq mau nanya gan itu rom bug nya apa aja ya ketika berhasil di instal di xperia miro.
    Thanks gan
    Salam oprex android seluruh indo

    BalasHapus
  80. kalau cm10 di internal msih bisa gk? karena memori externalku rusak?

    BalasHapus
  81. kalau cm10 di internal msih bisa gk? karena memori externalku rusak?

    BalasHapus
  82. cm 10 mesona gk bisa download

    BalasHapus
  83. pas waktu boot.img kok gak bisa yha, tolong bantu

    BalasHapus
  84. Di HP and Kok banyak aplikasi yg g bisa di buka setelah di download y gan,,, keluar sendiri

    BalasHapus

Profil